Tuesday, January 15, 2019

SIFAT-SIFAT CAHAYA

Sifat-Sifat Cahaya

Kita dapat melihat benda-benda di sekitar kita karena terdapat cahaya. Terbukti pada saat hari gelap atau cahaya lampu di rumahmu mati kita tidak bisa melihat benda-benda di sekitar kita bukan? Mengapa kita dapat melihat benda-benda di sekitar? Pada kesempatan ini kita akan mempelajari bagaimana sifat cahaya. Selamat belajar J
Cahaya adalah salah satu bentuk gelombang. Cahaya dapat merambat di ruang hampa udara karena termasuk  jenis gelombang elektromagnetik. Jika cahaya mengenai suatu benda, seperti halnya gelombang mekanik, cahayatersebut dapat dipantulkan dan dibiaskan.
Sifat-sifat cahaya
  1. Cahaya merambat lurus
lilin
Salah satu sifat cahaya adalah merambat lurus dari sumbernya. Lihat contoh gambar di sampinng. Gambar tersebut membuktikan bahwa cahaya merambat lurus. 

2. Cahaya dapat dibiaskan
pensil
Perhatikan gambar sebatang pensil dalam gelas berisi air diatas, pensil terlihat seolah-olah bengkok hal ini terjadi karena adanya pembiasan cahaya. Cahaya akan dibiaskan ketika melalui medium dengan kerapatan yang berbeda. Kecepatan cahaya akan menurun saat memasuki air atau medium yang lebih rapat. Semakin besar perubahan kecepatan cahaya saat melalui dua medium yang berbeda, akan semakin besar pula efek pembiasan yang terjadi. Namun, pembiasan tidak akan terjadi saat benda dicelupkan dalam posisi tegak lurus. 
3. Cahaya dapat dipantulkan
Kita dapat melihat sebuah benda jika ada cahaya. Prosesnya yaitu sinar/cahaya mengenai benda dan benda yang terkena cahaya memantlkannya ke mata kita.
a. Pemantulan teratur
pantul
Pemantulan teratur yaitu jika sinar datang  jatuh pada benda yang permukaannya rata. Pada pemantulan teratur sudut datang sama dengan sudut pantul.
b. pemantulan tidak teratur
pantul 2
Pemantulan tidak teratur terjadi jika sinar atau cahaya jatuh pada benda yang permukaannya tidak rata. Pada pemantulan tidak teratur sudut datang tidak sama dengan sudut pantul.
4. Cahaya menembus benda bening
mene
Cahaya menembus benda bening dapat terlihat jika kita menerawangkan plastik bening ke arah sinar lampu. Sinar tersebut dapat kita lihat karena cahaya dapat menembus benda bening. Jika cahaya mengenai benda yang gelap (tidak bening) misalnya pohon, tangan, mobil, maka akan membentuk bayangan. Contoh lain yang membuktikan bahwa cahaya dapat menembus benda bening adalah jika kita berada di dalam ruangan berkaca berwarna bening dan kita memandang ke halaman kita dapat melihat anak-anak yang sedang bermain di halaman.
5. Cahaya dapat diuraikan
 pelan
Contoh bahwa cahaya dapat diuraikan yaitu pada peristiwa penguraian cahaya (dispersi) oleh titik-titik air hujan saat terjadi pelangi. Dispersi merupakan penguraian cahaya putih menjadi berbagai cahaya warna yaitu  : merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila,ungu.
Sumber : https://www.google.com/search?q=sifat+sifat+cahaya&oq=sifat+sifat+cahaya&aqs=chrome..69i57j69i60j69i59j0l3.5406j1j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8

No comments:

Post a Comment